PKKMB UNILA: FONDASI AWAL MASA DEPAN
PKKMB kali ini mengambil tema Unila NextGen: Grow, Connect, Impact. yang dimana masing-masing saling melengkapi sebagaimana mahasiswa yang baik. dengan waktu pelaksanaannyayang terbilang singkat, PKKMB kali ini mampu memberikan kesan dan pelajaran yang akan diingat untuk empat tahun kedepan dan seterusnya. dengan segala prestasi yang disebutkan diatas, PKKMB kali ini dapat dibilang berhasil karena memberikan banyak manfaat yang akan merubah masyarakat Unila dan sekitarnya menjadi lebih baik.
PKKMB kali ini mengambil tema Unila NextGen: Grow, Connect, Impact. yang dimana masing-masing saling melengkapi sebagaimana mahasiswa yang baik. dengan waktu pelaksanaannyayang terbilang singkat, PKKMB kali ini mampu memberikan kesan dan pelajaran yang akan diingat untuk empat tahun kedepan dan seterusnya. dengan segala prestasi yang disebutkan diatas, PKKMB kali ini dapat dibilang berhasil karena memberikan banyak manfaat yang akan merubah masyarakat Unila dan sekitarnya menjadi lebih baik.
PKKMB UNILA merupakan suatu acara universitas guna untuk memperkenalkan lingkungan kampus kepada mahasiswa. dengan diadakannya acara ini, mahasiswa mendapatkan informasi mengenai peraturan, budaya, dan lingkungan yang ada di Unila.
Pada tahun ini Unila secara meriah mengambil tema Unila NextGen : Grow, Connect, Impact. masing masing meiliki makna dan tujuannya sendiri. Grow: Tumbuh, mengasah kemampuan diri, disiplin, dan cara belajar di lingkungan kampus. Connect: Terhubung. berkomunikasi dengan sesama guna untuk membangun relasi yang sehat. Impact: Berdampak. Ilmu yang didapat diharapkan mampu memberi manfaat bagi masyarakat.
Berikut rangkuman materi yang didapat:
Day 1:
Gubernur Lampung menyebutkan terkait potensi alam Lampung. Yaitu lampung menempati posisi pertama nasional sebagai komoditas singkong terbesar, 5 besar untuk jagung dan kelapa sawit. dan lain lain.
dengan potensi yang sedimikian besar, maka tugas kita sebagai mahasiswa tentu dengan menjaga kelestarian potensi alam lampung agar kita semua bisa menikmatinya.
Gubernur Lampung juga menyebutkan bahwasannya kampus bukan tempat untuk mencari gelar saja, tetapi tempat untuk berkembang. terdapat beberapa peran mahasiswa yang harus disiapkan dari sekarang:
Agent of change (agen perubahan) bahwa seorang mahasiswa diharapkan mampu menjadi pionir perubahan sebelum masyarakat.
Social control (sosial kontrol) mahasiswa diharapkan mampu berpikir kritis, tidak mudah terbwa arus, dan berani.
Iron stock (penerus bangsa) bahwa mahasiswa kelak yang akan menjadi pemimpin bangsa ini, maka sudah sewajarnya mahasiswa menjadi pribadi yang bagus. baik dari sikap dan ilmu pengetahuan.
Bela negara: menurut UUD 1945 Pasal 27 ayat (3) menyatakan bahwa bela negara adalah wajib bagi setiap warga negara, bentuk ancaman paling nyata terhadapa bangsa ini bukan berasal dari pihak luar, tetapi adalah hoaks, serangan siber, dan radikalisasi daring. hal ini dapat menyebabkan non integritas bangsa yang dimana lebih berbahaya dari ancaman dari pihak luar. maka dari itu kita sebagai mahasiswa perlu mengambil peran sebagai Agent of change yang telah disebutkan diatas, sebagai penggerak masayarakat untuk berubah.
dari setiap materi yang saya dapat pada hari itu, saya belajar tentang keberadaan dan fungsi mahasiswa bagi masyarakat, tentang kewajiban mahasiwa sebagai komponen masyarakat. mahasiswa juga harus sadar mengenai ancaman zaman sekarang.
Day 2:
AI atau Artificial Intelligence semakin canggih dan gencar, AI dapat membantu pekerjaan manusia apalagi mahasiswa. namun diluar dari segala kemudahannya, AI juga dapat menyebabkan penggunanya ketergantungan dan malas berpikir. dari sini kita belajar bahwa mahasiswa harus menjadikan AI sebagai alat bantu, bukan untuk menyelesaikan secara instan karena dapat memengaruhi kebiasaan dan memberikan efek buruk.
selain itu, mahasiswa baru juga mendapatkan insight tentang fasilitas-fasilitas yang ada di Universitas Lampung. seperti layanan kesehatan, layanan publik, dan lain lain. semuanya dijelaskan secara detail dan jelas. semua bertujuan untuk mengenalkan kampus ke mahasiswa para mahasiswa dapat menegetahui fasilitas apa saja yang bisa digunakan di Universitas Lampung.
Tak lupa mahasiswa baru juga diperkenalkan dengan Unit Kegiatan Mahasiswa atau UKM, hal ini bertujuan untuk memberikan pandangan lain bahwa mahasiwa tidak melulu tentang belajar dikelas, tetapi mahasiswa perlu meng-explore minat dan bakat masing-masing indivdu guna mengembangkan potensi diri.
dengan segala materi dan kegiatan yang diberikan, mahasiswa diharapkan mampu menyerap informasi dengan baik dan dapat mempaktikannya di kehidupan sehari-hari.
Day 3:
Memasuki hari ke tiga, kita beranjak ke perkenalan fakultas, disini kami lebih banyak mengetahui hal-hal yang sebelumnya tidak diketahui, seperti metode belajar yang tepat, cara survive di Fakultas Kedokteran, dan masih banyak lagi. selain itu, kami belajar tentang etika dasar di lingkungan fakultas, peraturan-peraturan, dan kedisiplinan.
Day 4:
pada hari ke-4 PKKMB atau hari ke-2 PKKMB Fakultas, panitia mengadakan acara Tour de Faculty. dimana kita akan berkeliling fakultas kedokteran Universitas Lampung untuk mengetahui nama-nama gedung, fasilitas, dan fungsi dari bangunan-bangunan tersebut.
selain itu, setiap gedung memiliki peraturannya sendiri, yang harus kita patuhi selayaknya peraturan. peraturan disini bertujuan untuk menghindari kerusakan atau masalah yang pada akhirnya akan merugikan mahasiswa secara individu dan kelompok, bahkan seluruh civitas akademika FK Unila. dari sini kita belajar bahwa setiap peraturan yang dibuat, memiliki tujuan yang baik. sehingga ada baiknya kita mematuhi peraturan yang telah dibuat demi kebaikan masing-masing.
Kesimpulan:
4 hari ini kita belajar tentang bagaimana dunia perkuliahan berjalan, tentang problem atau masalah yang akan kita hadapi kedepannya. tentang bagaimana cara efektif untuk menjalaninya. semua itu berguna untuk menghadapi masalah dengan cara yang efektif. tanpa itu semua, mungkin kita akan berlarut-larut untuk menghadapai satu masalah saja. tapi dengan panduan dan tata cara menghadapi dunia perkuliahan, kita bisa lebih cepat menyelesaikan masalah.
4 hari yang sangat berharga, yang kemudian saya yakin akan menjadi memori yang indah untuk dikenang. terlepas dari lelahnya menjalan 4 hari kemarin. saya senang karena itu akan menjadi bekal dan pengalaman yang berharga karena bisa bertemu teman baru dan lain lain.
tapi mau bagaimanapun. hidup harus terus berjalan. PKKMB mengajarkan kita untuk terus berjalan menghadapi kehidupan meski lambat, daripada berhenti katanya. saya bahagia dan bersyukur bisa menjadi bagian dari PKKMB Universitas Lampung 2026.
saya berharap mahasiswa baru maupun lama, bisa menjadi bagian yang saling support untuk menghadapi kerasnya dunia perkuliahan dan dunia selanjutnya.
Subscribe newsletter
Dapat email setiap kali Blog perjalanan di FK Unila publish post baru. Tanpa spam, unsubscribe kapan saja.
Privacy: email kamu cuma dipakai untuk kirim post baru dari blog ini. Tidak di-share, tidak di-jual.
Komentar (0)
Memuat komentar…
Topik Serupa
Bacaan Lain di Blog Unila
Tulisan terkait dari penulis lain — kurasi otomatis berdasarkan kategori & tag.